Social Icons

Selasa, 27 Agustus 2013

Informasi Tentang Penyakit Batuk Berdarah

Informasi Tentang Penyakit Batuk Berdarah

Berikut ini kami rangkum informasi kesehatan mengenai Penyakit Batuk Berdarah secara  lebih rinci dan jelas. Mudah-mudahan Informasi Tentang Penyakit Batuk Berdarah ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin....

Tentang Penyakit Batuk Berdarah

penyakit batuk berdarah
Batuk merupakan suatu gejala alami atau reaksi alami dari seseorng apabila benda asing masuk ke dalam tubuh lewat alat pernafasan. namun, batuk ini akan menjadi berbhaya apabila disertai dengan darah. Batuk berdarah salah satunya disebabkan oleh ekspektorasi akibat dari pendarahan dari saluran nafas di bawah laring. Sedangkan penyebab lainya adalah mengidap penyakit kanker paru-paru dan TBC sedang kambuh.

Batuk berdarah atau dalam bahasa medis disebut hemoptisis hanya sedikit menimbulkan tanda sedemikian banyak . istilah hemoptisis mencakup bekuan darah dan juga sputum yang mengandung darah. batuk yang mengeluarkan darah merupakan gejala yang sangat penting kareana menunjukan penyakit yang sangat berat. Penyakit batuk berdarah merupakan jenis batuk yang sangat serius karena mempengaruhi kinerja organ dalam yaitu paru-paru bahkan sampai pada organ jantung.

Informasi dari Penyebab yang biasanya untuk penyakit batuk berdarah

> Adanya infeksi Saluran Pernafasan
Penyakit TBC adalah penyebab batuk berdarah karena infeksi yang paling sering ditemukan sekitar 30 %. Diikuti dengan pneumonia dan penyakit saluran pernafasan yang disebabkan oleh jamur atua prasit ( pada umumnya ditandai dengan penurunan sistem kekebalan tubuh seperti penderita HIV/Aids)

> Adanya Penyakit Kanker presentasinya sekitar 15 %.

> Penyebab Lainnya Seperti Trauma Saluran Pernafasan
Biasanya penyakit ini diderita oleh anak-anak secara tidak sengaja menelan benda-benda tajam.
Penggunaan obat-obatan seperti obat anti pembekuan darah.

Apakah Batuk Berdarah Merupakan Indikasi dari Penyakit TBC?

penyakit tbc
Benar, batuk berdarah bisa jadi merupakan indikasi dari sekian banyak gejala atua tanda penyakit TBC. Namun biasanya itu merupakan gejala lanjut. Inilah yang membedakan penyakit batuk berdarah karena TBC dan batuk berdarha karena penyakit lain.

Sebelumnya perlu anda ketahui juga bahwa batuk berdarah dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Bisa karena infeksi kuman Tuberculosis ( penyakit TBC atau paru  atau bisa juga karena kelainan jantung atau infeksi lainnya.

Batuk berdarah karena penyakit TBC biasanya disertai dengan keluhan lain seperti nafasu makan, demam yang tidak terlalu tinggi, badan terasa lebih berkeringat ( utamanya malam hari) dan terjadinya penurunan berat badan.

Kekebalan dari Kuman TBC dapat disebabkan oleh dua hal:

* Pengobatan yang tidak tuntas/ putus di tengah jalan
jangka waktu terapi untuk TB memang realatif lama sekitar 6-9 bulan. banyak dari penderita penyakit TB memutuskan untuk menghentikan pengobatan begitu gejala dari batuknya hilang. Pengobtan seperti ini berbahaya karena sesungguhnya kuman TB masih ada dalam paru-paru, jadi apabila tidak diobati secara tuntas maka suatu waktu penyakit ini dapat kambuh lagi dan sudah idak mempan dengan engobatan antibiotik.

* Efek samping dari pengobatan obat/ Terapi TB sendiri
Antibiotika untuk penderita Tb atau OAT ( obat anti TB) memang memunculkan berbagai efek samping yang dapat mengkhwatirkan pasien untuk meneruskan minum obat. Diataranya ikterus yaitu sklera bola mta berawana kuning, hepatitis karena dosis obat terlaklu besar yang menyebabkan mual, tuli/ saraf pendengaran terganggu dan lain sebagainya.

Nah, itulah Informasi Tentang Penyakit Batuk Berdarah. Semoga informasi kesehatan ini dapat bermanfaat dan menjadi tlak ukur anda untuk kesehatan yang lebih baik. Amin..

Salam Hangat_


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar