Social Icons

Rabu, 04 Desember 2013

Informasi Tentang Penyakit Kolesterol

Informasi Tentang Penyakit Kolesterol

Sebelumnya kami telah memberikan  informasi mengenai Cara Menyembuhkan Penyakit Kolesterol dengan obat herbal Jelly Gamat Gold-G. Kini kami berikan Informasi Tentang Penyakit Kolesterol yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin...

Apa Itu Kolesterol ?

Kolesterol didalam tubuh akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu sutu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol yang dibutuhkan tersebut secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat, namun jumlahnya akan meningkat apabila pola hidup yang tidak sehat seperti makanan ekstrem yang berasal dari lemak hewani, telur dan makanan sampah.

Pada dasarnya kolesterol merupakan salah satu komponen lemak, seperti kita ketahui lemak adalah salah satu zat gizi yang sangat dperlukan oleh tubuh kita di samping zat gizi lain seperti karbohidrat dan protein.

Lemak adalah salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Disamping sebagai salah satu sumber energi, sebenarnya lemak atau khususnya kolesterol memang merupakan zat yang snagat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama membentuk dinding sel-sel dalam tubuh.

Jika kolesterol dalam tubuh berlebih, akan tertimbun didalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan aterosklerosis yaitu suatu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini adalah cikal bakal  munculnya penyakit jantung dan stroke.

Dua Jenis Kolesterol dalam Tubuh

LDL ( Low Density Lipoprotein )
Dilihat dari segi komposisinya, LDL kaya akan kolesterol dibandingkan dengan komponen lainnya seperti protein dan trigliserida. LDL sering juga disebut sebagai kolesterol jahat, karena kadar kolesterol dan lemaknya yang tinggi dan pekat ini akan menyebabkan melekatnya kolesterol dalam dinding-dinding pembuluh darah pada saat trasportasi dilakukan.

Kolesterol yang melekat itu lama-kelamaan akan menumpuk danmengendap menjadi semacam plak pad adinding- dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
Kondisi semacam ini disebut dengan aterosklerosism akibatnya saluran peredaran darah dan supplai oksigen terganggu dan dapat meningkatkan resiko stroke serta penyakit jantung.

HDL ( High Density lipoprotein )
HDL ini adalah kebalikan dari LDL yaitu kolesterol baik yang memiliki kandungan protein terbanyak dibandingkan komponen kolesterol lainnya. HDL adalah molekul yang haus akan kolesterol. ketika beredar dalam aliran darah, HDL menyerap kolesterol berlebih yang dibawa oleh LDL dan membawanya ke dalam kandung empedu.

Dengan membawa kelebihan kolesterol ini maka HDL membantu mencegah terjadinya pengendapan atau mengurangi pembentukan plak di pembuluh darah  yang tentu saja beresiko mengganggu sistem perdaran darah dan membahayakan tubuh.

Skitar 80 % total kolesterol di dalam tubuh itu diproduksi oleh organ hati, sisanya dipenuhi oleh konsumsi makanan sehari-hari. Pada dasarnya kolesterol didapatkan pada makanan yang berasal dari hewan. Semakin banyak seseorang mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi akan semakin tinggi pula kenaikan kadar kolesterol yang terjadi dalam tubuh.

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol ?

Buah- buahan dan sayuran bisa menjadi solusi untuk menurunkan kolesterol, karena buah memiliki berkhasiat dan bebas dari kolesterol. Selain mempertahankan manfaat dari buah dan sayuran, kita perlu juga memperhatikan cara pengolahan dan penyajian supaya zat- zat penting yang terkandung didalamnya tidak hilang.

Berikut adalah beberapa sayuran dan buah- buahan yang bermanfaat menurunkan kolesterol:
  • Bawang putih
  • Teh hijau
  • Alpukat
  • Kedelai
  • Ikan laut
  • Anggur
Demikian Informasi Tentang Penyakit Kolesterol yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar