Social Icons

Rabu, 13 November 2013

Informasi Tentang Penyakit Polip Hidung

Informasi Tentang Penyakit Polip Hidup

Berikut ini adalah sajian Informasi Tentang Penyakit Polip Hidung yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin.

Tentang Polip Hidung

penyakit polip
Polip hidung merupakan pertumbuhan selaput lendir hidung yang bersifat jinak. Penyebab dari terjadinya polip tidak diketahui, tetapi jumlah polip tumbuh karena ada pembengkakan akibat infeksi. Polip biasanya tumbuh di daerah dimana selput lendir membengkak akibat penimbunan cairan, seperti daerah sekitar lubang sinus pada rongga hidung. Ketika baru terbentuk sebuah polip tampak seperti air mata, apabila sudah matang bentuknya akan menyerupai buah anggur yang berwarna keabu-abuan.

Polip menyebabkan penyumbatan hidung karena itu penderita sering sekali mengeluhkan adanya penurunan fungsi indera penciuman. Karena indera perasa berhubungan dengan indera penciuman, maka penderita juga akan mengalami penurunan fungsi indera perasa.

Polip sering juga ditemukan pada penderita:
  1. Rintis alergika
  2. Asma
  3. Sinusitis kronis dan
  4. Fibrosis kistik

Bagaimana Diagnosis dari Penderita Polip?

Diagnosis ditegakan berdasar gejala klinis dan hasil pemeriksaan fisik. Obat semprot hidung yang mengandung kortikosteroid dapat diberikan dan bisa memperkecil ukuran polip. Jalan pembdahan dapat menjadi pilihan jika:
  1. Polip menghalangi saluran nafas
  2. Polip menghalangi saluran/drainase sinus
  3. Polip berhubungan dengan tumor
Sifat dari polip hidung cenderung tumbuh kembali apabila penyebabnya ( alergi atau infeksi) tidak terkontrol atau tidak diobati. kami berikan solusi obat herbal untuk mengobati polip hidung yang terbukti keampuhannya.

Tanda-tanda dari Penyakit Polip Hidung

  • Pada polip hidung biasanya timbul keluhan utama adalah hidung tersumbat, sumbatan ini menetap dan tidak hilang timbul. Semakin lama keluha dirasakan akan semakin berat. Penderita akan mengeluhkan terasa ada massa di dalam hidung dan sukar membuang ingus.
  • Gejala lain adalah hiposmia ( gangguan penciuman ).
  • Gejala lainnya dapat tmbul apabila terdapat kelianan di organ sekitarnya seepert post nasal drip ( cairan yang mengalir di bagian belakang mulut), suara bindeng, nyeri muka, telinga terasa penuh, snoring ( ngorok ), gangguan tidur da penurunan kualitas hidup.

Polip hidung terbagi menjadi 2 Jenis :

  • Polip hidung tunggal - dimana jumlah polip hanya 1 buah. Berasal dari sel-sel permukaan dinding sinus tulang pipi ( maxilla)
  • Polip Hidung Multiple - Jumlah polip lebih dari satu. dapat timbul di kedua sisi rongga hidung. pada umumnya berasal dari permukaan dinding rongga tulang hidung bagian atas ( etmoid).
Berdasarkan usia penderita, polip hidung sering lebih dijumpai pada usia diatas 20 tahun. Sangat jarang terjadi pada anak- anak. Perbandingan antara pria dan wanita pasa usia dewasa berkisar 2 :1. Walau tidak berbahaya, polip hidung sangat mengganggu bagi yang menderitanya.

Demikian Informasi Tentang Penyakit Polip Hidung. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar