Social Icons

Senin, 11 November 2013

Informasi Tentang Penyakit Pengapuran Sendi

Informasi Tentang Pengapuran Sendi

Berikut ini adalah Informasi Tentang Pengapuran Sendi yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah- mduahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin.

Tentang Penyakit Pengapuran Sendi

Osteoartritis ( OA dikenal juga dengan artritis degeneratif, penyakit degeneratif sendi) merupakan kondisi dimana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Pada sendi, suatu jaringan tulang rawan yang biasa juga disebut kartilago umumnya menutup jung-ujung tulang penyusun sendi. Suatu lapisan cairan yang disebut cairan sinovial terletak di antara tulang-tulang tersebut dan bertindak sebagai bahan pelumas yang mencegah ujung-ujung tulang tersebut bergesekan dan saling mengikis satu sama lain.

Pada kondisi cairan sinovial lapisan kartilago yang menutup ujung tulang akan bergesekan satu sama lain. Gesekan itu akan membuat lapisan tersebut semakin menipis dan akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri.

Penyebab dari Penyakit Pengapuran Sendi

Setiap orang pasti pernah mengalami nyeri sendi. Pada masyarakat awam, bahkan beberapa dokter secara keliru langsung beranggapan karena disebabkan oleh rematik atau asam urat. Sebagian lagi juga berfikir akibat osteoporosis. Namun pada kenyataannya penyebab utama nyeri sendi adalah osteoartritis.  

Penyebab dari osteoartritis bermacam-macam, ada juga yang beberapa penelitian menunjukan adanya hubungan antara osteoartritis dengan reaksi alergi, infeksi dan invasi fungi ( mikosis). Riset lain juga menunjukan adanya faktor keturunan ( genetik) yang terlibat dalam penurunan penyakit ini. Namun beberapa faktor resiko terjadinya OA adalah sebagai berikut:
  • Wanita berusia lebih dari 45 tahun
  • Kelebihan berat badan
  • Aktivitas fisik yang berlebih seperti olahragawan dan pekerja kasar
  • Menderita kelemahan otot paha
  • Pernah juga mengalami patah tulang disekitar sendi yang tidak mendapatkan perawatan tepat.
Osteoartritis ( OA ) adalah penyakit sendi yang paling sering didapatkan dan penyebab terpenting dari nyeri dan ketidakmampuan pada lansia ( lanjut usia). OA juga paling banyak terjadi pada tulang belakang, lutut, tangan dan kaki.

Gejala klinik dari OA meliputi nyeri sendi, kaku sendi, bengkak sendi, kelemahan dan disabilitas. Osteoartritis dimulai dengan kerusakan pada tulang rawan sendi yang berakhir dengan kerasukan ke seluruh sendi. Lebih dari 80 % penderita Pengapuran sendi atau OA mengalami keterbatan gerak.

Apakah Pengapuran sendi sama dengan penyakit rematik?

Istilah rematik yang dipahami masyarakat awam tidak sama dengan pengertian medis. Masyarakat awam memahami rematik sebagai semua penyakit pada sendi yang menimbulkan nyeri dan pembengkakan. Padahal secara medis yang dimaksud dengan rematik adalah penyakit yang disebut reumatoid artritis. Jadi tidak semua nyeri dan pembengkakan sendi adalah penyakit rematik yang sesungguhnya.

Itulah Informasi Tentang Penyakit Pengapuran Sendi. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda. Jika anda berminat untuk memesan obat herbal untuk pengapuran sendi atau osteo-artritis silahkan anda klik disini => Cara Menyembuhkan Penyakit Pengapuran Sendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar