Social Icons

Selasa, 08 Oktober 2013

Informasi Tentang Penyakit Sinusitis

Informasi Tentang Penyakit Sinusitis

Berikut ini adalah Informasi Tentang Penyakit Sinusitis yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah- mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin...

Apa Sih Penyakit Sinusitis ?

Penyakit sinusitis berasal dari bahasa latin yang memiliki akhiran -itits ini berarti sebagai peradangan, sehinga sinusitis merupkan peradangan pada hidung atau paranasal. Perlu anda ketahui bahwa pada daerah rongga hidung terdapat empat sinus yakni sinus maksilaris yang ada di pipi, sinus etmoidalis yang ada di kedua mata, sinus frontalis yang ada di dahi dan sinus sfenoidalis yang terletak di belakang dahi.

Secara definisi sinusitis adalah sebuah peradangan atau pembengkakan dari jaringan yang melapisi sinus. Biasanya sinus akan berisia udara tetapi pada penderita sinus tersumbat dan berisi cairan, kuman ( bakteri, virus, dan jamur) dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Sinusitis secara klinik dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu sinusitis akut, sinusitis sub akut dan sinusitis kronis. Sementara berdasarkan penyebab terjadinya penyakit sinusitis, dibagi menjadi dua jenis yaitu:
> Rhinogenik yang terjadi di sekitar hidung dan disebabkan oleh penyumbatan pada hidung sehingga terjadlah sinusitis.

> Dentogenik atau lebih juga dikenal sebagai odontogenik yang biasa disebabkan oleh kelainan pada gigi, berakibat pada gigi geraham atas yang mengalami sinusitis infeksi.

Penyebab dari Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis terjadi karena aliran udara dari dan ke rongga sinus yang mengalami gangguan serta pengeluaran cairan mukus yang juga mengalami gangguan. Hal ini dapat disebabkan karena flu, alergi, demam dan bahan-bahan yang bisa menyebabkan pembengkakan di ostia sehingga terjadi jalan buntu pada lubang drainase yang akhirnya menyebabakna penyumbatan aliran sinus dan pengeluaran cairan mukus.

Bukan hanya itu, tumor dan trauma juga mengambil peranan dalam penyebab penyakit sinusitis atau buntunya ostia. Untuk mengeluarkan cairan mukus, sel yang biasa mengahsailkan cairan mukus memiliki rambut halus yang fungsnya untuk mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus, namun asap rokok menjadi salah satu penyebab dari rambut halus menjadi rusak. pad akhirnya cairan mukus akan bertumpuk dan berakumulasi dan mikroorganisme seperti virus, bakteri dan jamur datang.

Mengobati Penyakit Sinusitis berdasarkan Penyebabnya:

Untuk mengobati penyakit sinusitis akibat virus tidak dibutukan obat antibiotika.  Bisa diberikan parasetamol dan dekongestan yang fungsinya untuk menghilangkan rasa nyeri.

Sedangkan untuk sinusitis akibat ainfeksi bakteri ditandai dengan nyeri pada wajah, ingus bernanah dan gejala timbul selama lebih dari seminggu dapat juga diobati dengan antibiotika. Berikut adalah bebrapa jenis bakteri yang dapat menyebabakan penyakit sinusitis diantaranya Streptococus pneumoniae, Hemophilus influenze, Staphylococus aureus, moraxella catarrhalis dan Streptococcus pyogenes.

Dengan melakukan pengobatan yang tepat berdasarkan penyebabnya, penyakit sinusitis lebih mudan ditangani. Kami juga merekomendasikan kepada anda produk herbal Jelly Gamat Goldg yang dapat menyembuhkan penyakit sinusitis baik itu karena virus ataupun bakteri secara ampuh tanpa efek samping negatif terhadap tubuh.

Demikian Informasi Tentang Penyakit Sinusitis yang dapat kami berikan. Mudah- mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dna keluarga. Amin..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar