Social Icons

Kamis, 03 Oktober 2013

Informasi Tentang Penyakit Kista Pada Wanita

Informasi Tentang Penyakit Kista

Berikut ini merupakan sajian informasi mengenai Informasi Tentang Penyakit Kista yang kami kutif dari berbagai sumber dari internet. Mudah- mudahan informasi ini dapat bemanfaat bagi anda sebgai acuan untuk pencegahan penyakit kista pada wanita.

Apa Sih Penyakit Kista itu?

informasi tentang penyakit kista pada wanita
Bagi para wanita yang modern past tahu tentang penyakit kista, penyakit ini kerap sekali menyerang para wanita dan secara tidak sadar menderita penyakit ini. Tapi, kemungkina n bagi masyarakat awam masih belum tahu apa itu penyakit kista.

Secara definisi yang kami kutif dari wikipedia bahasa indonesia kista merupakan tumor jinak yang paling sering ditemui, bentuknya seperti kristik, berisi cairan kental, serta adapula yang bentuknya seperti angur. Kista juga ada yang berisi cairan udara, cairan nanah, atau bahan-bahan lainnya. Kista adalah salah satu tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. 

Kumpulan sel sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal disekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya karena itulah penyakit kista atau tumor jinak lebih mudah diangkat dengan jalan pembedahan atau dengan mengkonsumsi produk herbal tanpa membahayakan kesehatan si penderitanya.

Dilihat dari tingkat keganasannya, penyakit kista terbagi menjadi dua jenis:

* Kista non- neoplastik : penyakit kista ini sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hinga 3 bulan.
* Kista Neoplastik : Jenis penyakit kista ini berbeda dari kista non- neoplastik. Penyakit jenis ini haus dioperasi namun itupun tergantung pada ukuran dan sifatnya.

Perlu anda ketahui bahwa penyakit kista bisa saja terjadi selain didaerah ovarium juga tumbuh di miss V dan daerah vulva ( bagian luar alat kelamin perempuan). Kista yang telah tumbuh di daerah miss V seperti inklusi, duktus gartner, endometriosis dan adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh di daerah vulva antara lain kelenjar barthlini, kelenjar sebasea serta inklusi epidermal. 

Kista mempengaruhi siklus haid perempuan karena sistem hormonal yang terganggu. Secara alami hormone ini akan meregulasi pertumbuhan sel telur ovarium.

Gejala dari Penyakit Kista

Secara keseluruhan, struktur tubuh wanita lebih kompleks daripada pria. Demikian juga organ vital dan penyakit yang mungkin dideritanya, seperti kista. Organ reproduksi yang dapat mengalami kelainan berupa kista adalah ovarium. Kista ovarium pun beragam jenisnya, tergantung dari jaringan yang membentuknya dan cairan yang ada didalamnya.

Penyebab dari timbulnya kista sangat bervariasi tapi yang paling sering disebabkan oleh pertumbuhan folikel pada indung yang berubah menjadi kista folikel. Folikel ini pada dasarnya merupakan kantong yang berisi cairan dalam jumlah normal ( tidak berlebihan) dan mengandung sel telur. Kista folikel ini terbentuk jika pada siklus haid, folikel tumbuh menjadi lebih besar dari biasanya dan sel telur tidak dapat keluar dari indung telur ( tidak dapat melakukan ovulasi).

Pada umumnya seorang wanita tidak menyadari jika dirinya menderita penyakit kista, keclai ketika kista itu menjadi besar dan teraba dari luar. Kelaupun ada gejala, yang paling sering timbul merupakan rasa sakit jika wanita tersebut menggerakan perutnya. Rasa sakit ini dapat timbul karena terjadi robekan kista, pertumbuhan yang cepat, tegangan ataupun perdarahan yang terjadi ke dalam kistanya sendiri.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Kista?

Cara Pencegahan tentu lebih penting daripada mengobati. Penyakit kista ada yang bisa dicegah dan adajuga yang tidak. Kista yang berasal dari sisa-sisa sel embrional jelas tidak dpat dicegah karena sudah ada sejak lahir. Berikut adalah cara pencegahan penyakit kista:

> Konsumsilah Lebih banyak sayur dan buah
Sayur dan uah mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh di masa pemulihan setelah pengobatan langsung, utamanya untuk meningkatkan stamina tubuh

> Mengatur asupan daging
Aturlah asupan daging anda, mengatur bukan berarti melarang anda mengkonsumsi daging. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah cara mengkonsumsi daging secara perlahan-lahan.

> Makanan ber-GI rendah
GI atau glycemic index merupakan takaran yang menunjukan tinggi atau rendahnya kadar glukosa dalam makanan. Ketika mendajalani proses pengobtan kista anda sangatlah dianjurkan mengkonsumsi makanan yang berkadar gula rendah seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

> Minum air putih
Minum air putih selalu dianjurkan bagi semua keluhan penyakit karena air putih sangat bermanfaat untuk tubuh. Minimalkan kminuman berkafein tinggi dan beralkohol.

> Tidur secara teratur
Tidak perlu disangsikan lagi bahwa tidur secara teratur dan cukp memberikan dampak kesehatan yang baik, sebab semua jenis daraf, kelancaran aliran darah dan pertumbuhan sel serta hormone tubuh terkait dengan faktor bekerja dan istirahatnya organ tubuh.

Nah, itulah Informasi Tentang Penyakit Kista Pada Wanita. Mudah- mudahan dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga. Amin..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar