Social Icons

Jumat, 18 Oktober 2013

Informasi Tentang Penyakit Keloid

Informasi Tentang Penyakit Keloid

Berikut ini adalah sajian Informasi Tentang Penyakit Keloid yan gkami kutif dari berbagai sumber. Mudah- mudahan informasi tentang keloid ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin...

Apa Sih Keloid Itu?

informasi tentang penyakit keloid
Keloid disebut sebagai ' luka yang tidak tahu kapan harus berhenti'. Sebuahkeloid ini terkadang disebut sebagai bekas luka yang tiba-tiba menumpuk ukup kenyal/ keras di atas kulit. Keloid ini biasnaya mempunyai ciri di bagin atas halus dan berwarna merah muda atau ungu. Keloid yang bentuknya tidak teratur lebih cenderung bertambha besar dan tumbuh progresif. Tidak seperti bekas luka , keloid akan selalu tampak terlihat.

Dilihat dari definianya keloid merupakan bejolan padat kulit ( berwarna kecoklatan- kemerahan) dimana merupakanpertumbuhan berlebih jaringan fibrosa setelah penyembuhan luka, benjolan ini akan semakin luas dan terkadang melebihi batas luka.

Samakah Keloid dengan Bekas Luka yang mengalami hipertropik?

Jelas ini berbeda, kedunya memang terlihat hampir sama tapi memiliki perbebedaan. Jika kulit terluka proses penyembuhan akan meninggalkan bekas luka yag datar. terkadang bekas luka ini mengalami hipertropik atau menebal tapi terbatas hanya pada tepi luka. Bekas luka hipertropik cenderung lebih merah dan mungkin akan menghilang dengan sendirinya. Pengobatan seperti pemberian suntikan kortison ( steeroid) dapat mempercepat penyembuhan tersebut.

Berbeda dengan keloid, ketika mulai timbul beberapa sat setalah cedera dan terjadinya melampaui daerah luka. keloid memiliki kecenderungan untuk bermigrasi ke daerah- daerah sekitarnya yang tidak terluka. Keloid biasnaya muncul seetelah operasi atau cedera akan tetapi keloid akan muncul secara spontan atau hasil dari beberapa peradangan ringan seperti jerawat di dada ( bahkan tidak tergores atau iritasi). Luka ringan lain yang dapat memicu terjadinya keloid adalah luka bakar dan luka tindik.

Gejala paling umum dari keloid adalah terlihat mengkilap dan berbentuk seperti kubah, mulai dari warna merah muda menjadi merah. beberapa keloid menjadi cukup besar dan tidak enak untuk dilihat. Selain menyebabkan masalah kosmetik atau keindahan kulit, bekas luka yang terlihat rimbun cenderung gatal, perih atau bahkan terasa nyeri dan sakit ketika disentuh.

Bagian Mana yang Paling Berpotensi Untuk Tumbuhnya Keloid?

Keloid akan berkembang paling umum di darah dada, punggung, bahu dan telinga. jarang sekali terjadi pada wajah ( kecuali pada rahang). Keloid dan tindakan piercing/tindik kelid dapat berkembang karena adanya luka ringan yang terjadi dengan tindik pad abagian tubuh.

Keloid berpotensi baik itu pada wanita dan pria dengan proporsi yang sama, walaupun di masa lalu wanita lebih cenderung mengalaminya karena tingkat pemakaian tindik kalung pada telinga wanita. namun, keloid ini jarang terjadi pada anak- anak dan orangtua.

Perlukah Membuang Keloid?

Membuang keloid perlu adanya alasan tegas dimana tergantung pada gejala yang terkait dengan progres dan bertambahnya berat keloid serta lokasi anatomi yang terkena keloid. Keloid yang sifatnya kronis akan terasa gatal dan iritatif itu sangat mengganggu. keloid di daerah sensitif yang menyebabakn cacar atau malu merupakan alasan utama terlebih keloid yan lebih besar akan lebih sulit dalam pengobatannya. Sumber : http://e-medis.blogspot.com

Demikian Informasi Tentang Penyakit Keloid. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar