Social Icons

Rabu, 25 September 2013

Informasi Tentang Penyakit Vertigo

Informasi Tentang Penyakit Vertigo

Sebelumnya kami telah memberikan informasi mengenai Cara Herbal Menyembuhkan Penyakit Vertigo dengan menggunakan produk kesehatan ace maxs. Kali ini akan membahas tentang Informasi Tentang Penyakit Vertigo secara tuntas dan jelas yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin...

Apa Sih Vertigo Itu?

Penyakit vertigo merupakan perasaan halusinasi seolah-olah lingkungan atau diri sendiri bergerak atau ada yang lebih sering lagi berputar. Penyebab utama dari penyakit vertigo merupakan gangguan sistem keseimbangan. Secara definisi Vertigo  adalah salah satu bentuk gangguan keseimbangan dalam telinga bagian dalam sehingga menyebabkan penderita merasa pusing dalam artian keadaan atau ruang di sekelilingnya menjadi serasa 'berputar' ataupun melayang. 

Vertigo menunjukkan ketidakseimbangan dalam tonus vestibular. Hal ini dapat terjadi akibat hilangnya masukan perifer yang disebabkan oleh kerusakan pada labirin dan saraf vestibular atau juga dapat disebabkan oleh kerusakan unilateral dari sel inti vestibular atau aktivitas vestibulocerebellar .

Vertigo berasal dari bahasa yuni vertere yang artinya memutar. Kelainan ini dapat erjadi karena gangguan keseimbangan baik sentral atau perifer, kelainan pada telinga sering juga menyebabkan vertigo.  Untuk menentukan kelainan yang menyebabkan vertigo dokter THT-KL biasanya akan melakukan pemeriksaan ENG.

Jenis dari penyakit Vertigo

Vertigo dibedakan menjadi beberapa jenis, namun secara umum berdasarkan keterlibatan vestibulum, vertigo ini dibagi menjadi 2 yakni vertigo direk/vestibuler dan vertigo indirek/non vestibuler.

* Vertigo Jenis Vestibuler
Memiliki karakteristik : lesi di bagian perifer dari apparatus vestibuler seperti organ vestibuler atau saraf vestibulokoklear. Pasien akan merasa lingkungan sekitarnya berputar, rasanya naik turun seperti berada diatas kapal. Vertigo jenis ini sering juga diikuti dengan gejala otonom seperti nausea dan muntah serta nistagmus. Lesi vestibuler juga ada di bagian sentral seperti lesi pada nukleus vestibuler di bagian otak. Lesi ini juga dapat menyebabkan vertigo direk namun secara umum lebih ringan dibandingkan lesi perifer. Gejala otonom juga lebih cenderung minim atau bahkan tidak ada.

* Vertigo Posisi Jinak ( benign paroksismal positional vertigo)
BPV merupakan penyebab paling umum dari vertigo. Merupakan hasil dari kristal kalsium karbonat ayng mengambang bebad secara tidak sengaja memasuki lengan panjang kanalis semisirkularis posterior. Normalnya kristal ini melekat pada makula utricular. Dengan adanya perubahan posisi kristal akan bergrak dalam endolynph dan menggantikan cupula sehinga menyebabkan vertigo.

* Vestibulopathy perifer akut ( neuritis vestibuler)
Adalah jenis penyakit epidem dan dapat mempengaruhi bebrapa anggota keluarga yang sama sekaligus. Penyakit ini sering ditemukan pada musim atau awal musim panas. Faktor resiko ini menunjukan bahwa penyakit ini adalah infeksi virus dan studi patologis menunjukan atrofi dari satu atau lebih dari batang vestibular yang paling sesuai dengan proses infeksi atau pasca infeksi.

Beberapa Faktor Pencetusnya vertigo antara lain:

> Kuranganya pergerakan aktif, sehingga saat mengalami perubahan posisi mendadak akan timbul sensasi vertigo

>  Penggunaa alkohol akut

>  Pernah menjalani operasi otak atau pasca operasi mayor.

Penyebab dari gangguan keseimbangan (mengakibatkan vertigo) sangat beragam, seperti :

>    Gangguan telinga
>  Sekitar 50 % kasus vertigo berkaitan dengan penyakit-penyakit atau gangguan telinga bagian dalam

>   Gangguan otak

> Sekitar 5% diperkirakan berhubungan dengan kelainan otak, misalnya stroke, migrain, penyempitan pembuluh darah otak ( multiple sclerosis), penyakit parkinson dan tumor.

>   Kondisi tubuh
Sekitar 5% vertigo berhubungan dengan kondisi tubuh seperti tekanan darah rendah, hipertensi, penyakit infeksi, kekurangan darah, gangguan jantung serta obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping

>  Faktor lain
Vertigo juga dapat disebabkan karena berbgaia faktor selain faktor diatas sepertii stress, cemas pengaruh alkohol, terhisap zat kimia, marijuana dan sejenisnya.

Demikian Informasi Tentang Penyakit Vertigo yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin..

Salam Sehat 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar