Social Icons

Kamis, 19 September 2013

Informasi Tentang Penyakit Miom

Informasi tentang Penyakit Miom

Berikut ini merupakan sajian Informasi Tentang Penyakit Miom yang kami kutif dari berbagai sumber terpercaya. Mudah- mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin..

Tentang Penyakit Miom

informasi tentang penyakit miom
Miom merupakan salah satu penyakit sejenis dengan tumor jinak yang ada pada dinding rahim wanita yang tumbuh ketika masih dalam masa produktif. Miom tidak hanya dapat tumbuh dalam 1 buah tapi juga bisa banyak di tiap dinding rahim hingga ke selaput dinding wanita. Miom sendiri biasnaya rata-rata berukuran seperti kacang polong dan anggur. 

Miom dapat berkembang cepat ada juga yang lambat, tergantung dari kondisi fisik dan tingkat kesehatan setiap orang yang berbeda-beda. Anda jangan khawatir karena miom kebanyakan tidak berbahaya dan tidak ada kaitannya dengan resiko aadanya kanker rahim, meskipun gejala kemungkinan dapat terjadi namun beberapa kasus miom yang berubah menjadi kanker.

Miom biasanya diketahui ketika pada kehamilan atau saat memasuki kelahiran. Biasnaya kebanyakan wanita tidak menyadarai atau mengetahui kalau dirinya mengidap penyakit miom dalam dinding rahim karena miom yang kecil umumnya tidak menimbulkan suatu gejala yang mudah dikenali.

Apakah Miom dengan Kista Berbeda?

Terkadanga kita orang awam sering menyamaratakan anatra penyakit miom dan kista. Padahal kedua penyakit ini jelas berbeda walaupun sama-sama menyerang organ reproduksi, namun antara keduanya memiliki perbedaan:

> Miom merupakan tumor jinak yang terdiri dari serbaut-serabut otot polos myometrium, miom berada di rahim posisinya, ia berada di tengah alat kelamin perempuan atau di uterus.

> Sedangkan kista adalah tumor yang berisi cairan, karena itu ketika dioprasi dia bisa langsung diangkat atau disedot dahulu cairannya baru sisanya diambil. Kista ini letaknya ada di indung telur dapat di bagian kiri atau kanan bahkan di keduanya.

Penyakit Miom dapat mengakibatkan Kemandulan dan Keguguran

Pasien yang divonis memiliki penyakit miom pasti merasa putus asa karena penderita penyakit miom lebih besar kemungkinan untuk mandul atau keguguran. Penyakit miom menyerang usia produkti hinga 20%. Miom hampir 79 % tumbuh di badan rahim ( miom uteri ) dan sebagian kecil tumbuh di leher rahim ( miom serviks uteri ) ini merupakan salah satu tumor ( daging tumbuh ) yang jinak yang dapat terjadi pada wanita berusia 35 tahun, Wanita yang belum menstruasi tidak ada kemungkinan mengalami miom.

Apabila anda mengalami keluhan seperti nyeri ketika datang haid, sering sakit pada pinggul, haid tidak beraturan, pendarahan haid yang banyak, perut terasa membesar selama haid dan frekuensi air kecil yang tinggi juga harus diwaspadai.

Menurut Dr.dr. T Z Jacoeb SpOG Penyakit Miom dapat membesar pada usia reproduksi dan mengecil pada pasca menopause .
  

Gejala Umum Yang sering terjadi pada wanita

* Nyeri di perut atau pinggul
* Perut terasa penuh atau membesar
* Nyeri ketika melakukan hubungan dengan pasangan
* Sering mengalami anemia ketika haid karena banyak kehilangan darah
* Terasa seperti adanya penekanan pada panggul
* Infertilitas atau keguguran
* Konstipasi atau sembelit
* Terjadinya pendarahan yang mengeluarkan banyak darah ketika masa menstruasi dan diluar  menstruasi
* Adanya penekanan juga dapat terjadi di bagian kandung kemih, ureter, rektum atau organ rongga panggul lainnya.

Itulah Informasi Tentang Penyakit Miom yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah- mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin...

Salam Sehat_

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar