Social Icons

Senin, 30 September 2013

Informasi Tentang Penyakit Gagal Ginjal

Informasi Tentang Penyakit Gagal Ginjal

Berikut ini adalah Informasi Tentang Penyakit Gagal Ginjal yang kami kutif dari berbagai sumber. Sebelumnya kami telah memberikan Testimoni Penyakit Gagal Ginjal dengan Ace Maxs. Mudah- mudahan informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan dan memberikan faedah bagi anda yang membacanya. Amin..

Informasi Tentang Penyakit Gagal Ginjal
informasi tentang penyakit gagal ginjal
Ginjal merupakan salah satu organ ekskresi dalam vertebrata yang bentuknya mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran ( terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Manusia memiliki sepadang ginjal yang letaknya di belakang perut atau abdomen. Ginjal ini ada di kanan dan kiri tulang belakang, di bwah hati dan limpa. Dengan keadaan ini ketika ginjal bermasalah tentunya akan bermaslah juga pada tubuh manusia terutama pada sistem ekskresi.

Gagal Ginjal sering tidak disadari oleh penderitanya karena penyakit ini termasuk dalam penyakit silent killer ( atau pembunuh yang bekerja secara diam-diam) sehingga penderita gagal ginjal sering mengabaikan gejalanya.

Gagal Ginjal merupakan suatu kondisi atau keadaan dimana ginjal sudah sama sekali tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya atau mengalami penurunan hingga tidak mampu lagi bekerja dalam penyaringan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh.

Gagal Ginjal terbagi menjadi dua jenis:

Gagal Ginjal akut : ditandai dengan penurunan fungsi ginjal secara tiba- tiba dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu dan juga ditandai dengan hasil pemeriksaan fungsi ginjal serta kadar nitrogen dalam darah meningkat.

Gagal Ginjal Kronis : Proses kerusakan ginjal engan rentang waktu lebih dari 3 bulan. Proses penurunan ginal ini terjadi secara terus menerus hingga ginjal tidak lagi bisa berfungsi sama sekali ( end stage renal disease).

Gejala atau Ciri dari Penyakit Gagal Ginjal

Paling umum dari gagal ginjal adalah perubahan warna urine dan merasakan sakit saat kencing. Berikut adalah ciri- cirinya:

Kepala pusing dan sulit berkonsentrasi
Apabila anda mengalami anemia pastinya berkaitan dengan penyakit gagal ginjal, hal ini berarti bahwa otak anda kurang mendapat oksigen yang cukup hingga mengakibatkan pusing kepala dan susah berkonsentrasi.

Adanya rasa gatal atau kulit ruam
Dilihat dari fungsinya ginjal untuk membuang limbah atau kotoran dari aliran darah.  Apabila terjadi kerusakan pada ginjal otomatis akan terjadi penumpukan kotoran dalam tubuh yang mengakibatkan rasa gatal yen berlebih. gatal ini juga bisanya disertai dengan pembengkakan diberbagai bagian tubuh pasien seperti tangan, pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

Tubuh merasa kedinginan
Penderita penyakit gagal ginjal akan merasakan kedingainan sepanjang waktu. Walau ia berada pada sushu yang hangat juga biasanya menyerang pad amalam hari ketika bangun tidur dengan tubuh dingin sampai menggigil.

Sesak Nafas
Hal ini juga berakaitan dengan gagal ginjal.  Ada dua hal yang menjadikan sesak nafas yaitu pertama, adanya cairan yang berlebih karena tidak berfungsinya ginjal sehingga cairan tersebut menutup saluran paru-paru. Kedua, anemia ( kekurangan oksigen pembewa sel darah merah) sehingga mengakibatkan anda kekurangan oksigen dan kehabisan nafas.

Sakit di sekitar daerah pinggang
ini yang paling umum dirasakan,, karena ginjal berada didaerah itu. Kebanyakan yang meraskan sakit di daerah pinggang itu berhubungan dengan batu ginjal.

Demikian Informasi Tentang Penyakit Gagal Ginjal. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar