Social Icons

Rabu, 21 Agustus 2013

Apa Sih Radikal Bebas ?

Apa Sih Radikal Bebas?
Sering sekali kesehtan disangkut pautkan dengan radikal bebas. Apakah anda tahu apa itu radikal bebas? dan bagaimana radikal bebas dapat masuk ke dalam tubuh manusia? Berikut adalah penjelasannya...yuk baca dulu...

apa sih radikal bebas
Radikal bebas merupakan molekul yang kehilangan elektron sehingga molekul tersebut menjadi tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain/ Radikal bebas dapat dihasilkan dari hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal seperti asap rokok, hasil penyinaran ultra violet, zat kimiawi dalam makanan dan polutan lain.
 
Penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bersifat kronis dimana membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk penyakit tersebut menjadi nyata. 

Sebenranya tubuh manusia dapat menetralisist radikal bebas ini hanya saja apabila jumlahnya terlalu banyak atau berlebihan maka kemampuan untuk menetralisir akan semakin berkurang. Misalnya merokok merupakan kegiatan yang secara sengaja memasukan racun kimiawi ke dalam tubuh . Tubuh manusia didesain untuk menerima asupan yang bersifat alamiah sehinga apabila menerima masukan seperti asap rokok akan berusaha untuk mengeluarkan berbagai racun kimiawi ini dari tubuh melalui proses metabolisme, tetapi proses metabolisme inipun sebenranya mengahsilkan radikal bebas. 

Radikal bebas yang mengambil elektron dari sel tubuh manusia dapat menyebabkan perubahan struktur DNA sehingga timbullah sel-sel mutan. Jika perubahan DNA ini terjadi bertahun-tahun, maka dapat menjadi penyakit kanker. pada dasarnya tubuh manusia mengahsilkan antioksidan tetapi jumlahnya sering sekali tidak cukup untuk menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Dari mana munculnya radikal bebas?
Radikal bebas dapat muncul dari luar ( Eksternal ) dan dari dalam ( internal )
 
Sumber dari dalam ( internal ) berupa. 
  1. Polusi
  2. Rokok dan alkohol
  3. Obat-obatan
  4. Sinar UV
  5. Sinar X
  6. Kemoterapi/ Rontgen
  7. Pestisida/herbisida
  8. insektisida
  9. Food addictive
  10. Virus dan balkteri
Sedangkan sumber dari luar ( eksternal ) berupa:
  1. Metabolisme normal
  2. Stress, depresi dan cemas
  3. Radang dan luka
  4. Kelelahan dan kerja berlebihan
  5. Olahraga berlebihan

Berikut adalah  Jenis Radikal Bebas yang kami dapat dari kompas
Asap Rokok :
Oksidan dalam rokok mempunyai jumlah cukup untuk memainkan peranan yang besar terjadinya kerusakan saluran nafas. Diperkirakan bahwa setiap hisapan rokok memiliki bahanoksidan dalam jumlah yang sangat besar meliputi aldehida, epoxida, peroxida dan radikal bebas lain yang mungkin cukup berumur panjang dan menyebabkan kerusakan alveoli paru.

Polusi udara
Polusi dari kendaran bermotor, industri, asap rokok, mesin foto copy,pendingin rauangan dan makanan yang tidak sehat adalah sumber radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Radiasi UV
matahari memancarkan sinar dengan radiasi panjang gelombang dengan rentang yang sangat lebar, tetapi masuk ke bumi danmendapat perhatian khusus adalah sinar ultara violet yang memiliki energi cukup besar yang dpat memicu bahkanmenimbulkan radikal bebas dalam tubuh terutama kulit.

Pestisida
Pestisida kimia merupakan bahan beracun yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. hal ini disebabkan karena pestisida bersifat polutan danmenyebarkan radikal bebas yang dpat menyebabkan keruskan organ tubuh seperti mutasi gen dan gangguan syaraf pusat.

Obat-obatan
Tidak heran lagi walaupun bat juga termasuk dalam sumber radikal bebas. Bagaimana bisa? beberapa masam obat dapat meningkatkan produksi radikal bebas dalam bentuk peninkatan tekanan oksigen. bahan-bahan tersebut bereaksi bersama hiperoksia yang dpat mempercepat tingkat kerusakan. Termasuk didalamnya antibiotika kelompok quinoid atau berikatan logam untuk aktivitasnya , obat kanker seperti bleomycin, anthracyclines dll.

Olahraga Berlebihan
Siapa sangak kegiatan yang mneyehatkanini dapat menjadi sumber radikal bebas bagi tubuh. Olahraga berlebihan akan membuat tubuh membutuhka suplai oksigen yang sangat banyak sehingga peningkatan ini akan memicu tmbulnya radikal bebas dalam tubuh. Jika gaya olahraga ini dilkaukan secara sering maka akan terjadi penumpukan radikal bebas dalam tubuh.

Radiasi
Radioterapi memungkinakan adanya kerusakan jaraingan yan disebabkan leh radikal bebas.  Radiasi elektromagnetik  dan radiasi partikel menghasilkan radiasi primer dengan cara memnidahkan energinya pada komponen seluler seperti air.

Autoksidasi
Merupakan produk dari proses metabolisme aerobik. Molekul yang mengalami autoksidasi berasal dari katekolamin, hemoglobin, sitokrom C yang teredeuksi dan thiol.

nah, itulah informasi mengenai Apa Sih Radikal Bebas itu? Tunggu artikel selanjutnya tentang dampak dari Radikal bebas. Semoga informasi ini dapat bermanfat untuk anda. Amin...

Salam Hangat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar